Inilah Fakta Tempat Ibadah Karyawan Freeport yang Ribuan Meter dalam Perut Bumi!

in ,
Inilah Fakta Tempat Ibadah Karyawan Freeport Yang Ribuan Meter Dalam Perut Bumi! Dafunda Gokil

Dafunda Gokil Freeport, tambang emas di timur Indonesia memang menyimpan banyak fakta menarik. Bukan hanya kota Kuala Kencana yang unik dan terbilang sudah modern, tetapi juga tempat ibadah di sana sangat unik loh.

Seperti yang diketahui, tempat ibadah para karyawan Freeport ternyata dalam banget. Diperkirakan jauh dalam perut bumi.  Berbicara mengenai hal itu, apakah kalian penasaran bagaimana fakta dan penampakannya? Simak ulasan di bawah ini.

Inilah Fakta Tempat Ibadah Karyawan Freeport yang Ribuan Meter dalam Perut Bumi!


Masjid Baabul Munawwar dengan kedalaman 1.760

Inilah Fakta Tempat Ibadah Karyawan Freeport Yang Ribuan Meter Dalam Perut Bumi! Masjid

Setiap perusahaan besar pasti memiliki fasilitas lengkap untuk para karyawannya. Begitu juga dengan tempat ibadah yang selalu disediakan, walaupun tempatnya terkadang sangat sulit. Begitu pula yang dilakukan oleh PT Freeport Indonesia dengan masjid Baabul Munawwar-nya.

Masjid ini diresmikan pada bulan Juni 2016 lalu –hasil rancangan dari arsitek Alexander Mone (lulusan BINUS) dan struktur pengerjaan oleh Andrew Parhusip ( Institut Teknologi Bandung). Baabul Munawwar bisa menampung sekitar 250 jamaah.

Tentu saja masjid ini terbilang sangat unik, karena berada di kedalaman kurang lebih 1700 meter dalam perut bumi. Tempat yang ada di dalam perut bumi ini sendiri dimaksudkan untuk mempermudah para karyawan muslim yang ingin beribadah. Bisa dilihat, area masjid ini berbentuk lorong lengkap dengan hiasan dinding dan lampu-lampu gantung di sekelilingnya.


Gereja Oikumene Soteria

Inilah Fakta Tempat Ibadah Karyawan Freeport Yang Ribuan Meter Dalam Perut Bumi! Dafunda

Nah, sama seperti madjid diatas, untuk umat beragama Kristen dan Nasrani ada gereja Gereja Oikumene Soteria yang tak kalah megah. Gereja tersebut letaknya berdampingan dengan masjid, hanya dipisahkan oleh sebuah ruang yang digunakan untuk berwudhu.

Ruangan gereja ini juga sangat mirip dengan masjid. Di bagian paling depan ada tanda salib, mimbar sebagai tempat memberi ceramah kepada para jemaat, serta lampu-lampu sebagai penerang di bagian dinding atas gereja. 

ARTIKEL TERKAIT
5 Barang Kurang Berguna yang Punya Harga Mahal, Yakin Mau Beli?

Ayo mulai berdiksusi