Nilainya Mencapai 5 Juta Dolar, Inilah Tanda Tangan Termahal Di dunia

in , ,
Tanda Tangan

Kalian punya tanda tangan? Pasti punya dong. Masa iya hari gini gak punya tanda tangan. Kalian tahu gak sih kalau ternyata tanda tangan itu bisa bernilai jutaan bahkan miliaran rupiah lho. Eits… tapi ga sembarangan tanda tangan juga ya, hanya milik orang-orang tertentu saja.

Tanda tangan merupakan tanda pengenal yang unik untuk setiap orang karena bentuk-bentuknya yang berbeda satu sama lain. Tanda tangan menjadi hal penting bagi kehidupan sehari-hari karena sering dibubuhkan dalam hal-hal administrasi. Misalnya saja dalam surat perjanjian, akad, jual-beli, dan lain sebagainya.

Seiring dengan berjalannya waktu, tanda tangan menjadi sesuatu yang sangat pantas mengiringi ketokohan pemiliknya. Selain karena bersejarah, tanda tangan itu sangat terbatas di dunia sehingga banyak diburu oleh kolektor dan juga penggemar fanatik. 

Daripada penasaran, yuk kita cari tahu tanda tangan siapa saja sih yang termahal di dunia? Berikut ulasannya!

5 Tanda Tangan Termahal di Dunia

William Shakespeare

William Shakespeare dikenal sebagai salah satu sastrawan terbesar Inggris. Selama masih hidup, ia telah menulis sekitar 38 sandiwara tragedi, komedi, sejarah dan 154 sonata, 2 puisi naratif, dan puisi-puisi yang lain. Ia aktif menulis antara tahun 1585 dan 1613. Semua karyanya telah diterjemahkan hampir di semua bahasa dunia.

Di dunia ini hanya terdapat enam tanda tangan asli milik William yang masing-masing bernilai 5 juta dollar AS. Banyak yang menganggap bahwa tanda tangan miliki William Shakespear yang termahal di dunia. Ia juga dikenal dengan nama “Bard of Avon”.

Abraham Lincoln

Abraham Lincoln merupakan Presiden AS ke-16. Dalam masa kepemimpinannya dia terbilang sukses. Dia berhasil mengatasi krisis yang terjadi di negerinya seperti perang saudara, mempersatukan rakyat, dan mengakhiri perbudakan di Amerika Serikat.

Karena keberhasilannya tersebut wajar saja jika tanda tangan Presiden Lincoln terjual dengan harga fantastis. Pada tahun 1991 tanda tangan doi ini ditebus sebesar 90 milliar di sebuah pasar lelang.

John Lennon

John Winston Ono Lennon, atau John Lennon merupakan vokalis band legendaris asal Liverpool, Inggris, The Beatles. Selain menjadi vokalis, ia bersama Paul McCartney juga menulis lirik lagu The Beatles yang terbukti paling sukses di abad 20.

Lagu berjudul I Wanna Hold Your Hand yang dirilis tahun 1964 adalah lagu populer yang menembus pasar musik Amerika Serikat dan disebut pembuka “British Invasion ”Di negeri Paman Sam.

Pada tahun 2003, tanda tangan terakhir milik John Lennon sebelum ia ditembak mati oleh Mark Chapman, salah seorang penggemar gila The Beatles, dijual dengan harga 525.000 Dolar AS atau setara dengan harga 7 miliar rupiah. Karya terakhirnya dicatat saat ia berkolaborasi bersama istri tercinta yang merupakan seniman asal Jepang, Yoko Ono.

Jimmy Page

Jimmy Page merupakan salah satu gitaris yang mempengaruhi banyak gitaris di era pertengahan tahun 60-an dan tahun 70-an. Ia memulai karir sebagai gitaris rekaman studio di London. Pada tahun 1966 hingga 1968 ia ikut bergabung dalam band The Yardbirds. Kemudian ia ikut menciptakan salah satu band Inggris yang menjadi legenda dunia, Led Zeppelin.

Lewat album-albumnya, Led Zeppelin menjadi salah satu band tersukses di tahun 70-an. Wabah permainan Jimmy Page kemudian menjamur untuk gitaris-gitaris heavy metal beberapa tahun kemudian. Lewat kepiawaiannya memainkan gitar, tanda tangan yang dibuat di atas permukaan gitarnya dilelang dengan harga fantastis, yakni 49.000 Poundsterling atau 900 juta rupiah.

Jimmy Hendrix

James Marshall Hendrix, atau lebih dikenal dengan nama Jimmy Hendrix adalah legenda musik rock dan blues. Dia dianggap sebagai salah satu gitaris terbaik dunia hingga saat ini. Sebagai seorang gitaris kidal, Hendrix adalah seorang yang penting bagi sejarah dan perkembangan musik populer di dunia.

Berkat kepiawaian dan gaya eksentriknya menjadikan Jimmy sebagai pertunjukan yang mendapat bayaran paling mahal di zamannya. Sayangnya, kejayaan Jimmy berlangsung singkat. Dunia dikejutkan kabar bahwa Hendrix ditemukan tewas pada tanggal 18 Sepetember 1970 di kamar hotelnya di London. Namun tahukah kalian? Tanda tangan Jimmy Hendrix 41.000 Pounsdterling atau sekitar 750 juta rupiah.


Itulah 5 tanda tangan yang memiliki harga selangit. Dari setiap tokoh yang bersejarah, apa saja yang berhasil pasti memiliki nilai histori sendiri. Untuk memperoleh saja, kalian harus bersaing dengan banyak orang. Belum lagi harga yang ditawarkan pasti sangat fantastis.

Ada yang mau beli? Kalau tanda tangan kalian dijual laku berapa ya?  

0/5 (0 Reviews)

ARTIKEL TERKAIT
10 Fakta Tentang Khabib Nurmagomedov, Petarung Muslim yang Berhasil Kalahkan McGregor!

Ayo mulai berdiksusi