5 Negara Terkaya Di Dunia, Ekonomi dan Pendapatan Tinggi

in ,
1557899919 862819323

Negara itu seperti kehidupan rumah tangga dalam masyarakat. Ada yang hidupnya berkecukupan, mewah kaya raya, dan ada yang serba kekurangan. Negara yang kaya raya tentunya sebagian besar rakyatnya makmur, sebaliknya negara yang miskin maka rakyatnya sebagian besar juga berpendapatan rendah.

Melansir dari laman pantau.com, negara terkaya di dunia memiliki ekonomi yang kompleks dan beragam. Mereka mengekspor barang dan jasa yang berasal dari berbagai industri seperti farmasi, bioteknologi, dan sebagainya.

Selain itu, karakteristik umum negara terkaya di dunia adalah kurangnya atau minimnya tindak korupsi. Karakteristik lainnya adalah penduduk di negara terkaya memiliki harapan hidup di atas rata-rata dunia, yakni 72 tahun.

Lantas, Negara mana saja yang terdaftar sebagai negara terkaya di dunia?

Berdasarkan laman pantau.com yang dirangkum berdasarkan data dari Bank Dunia, yang dikutip USA Today. Klasifikasi yang dilakukan Bank Dunia ini bukan didasarkan pada PDB, melainkan GNI atau Gross National Income atau pendapatan nasional bruto.

Uni Emirat Arab

Sepertinya Negara di Jazirah Arab ini berevolusi menjadi negara kaya. Diketahui sebelum ditemukannya sumber minyak, UEA hanyalah negara yang biasa-biasa saja. Sekarang ini, UEA terkenal dengan bangunan pencakar langit yang mewah ini berada di posisi kelima negara terkaya di dunia.

Di tahun 2017, GNI UEA sekitar USD74.410 dengan populasi sekitar 10.140.000 orang menurut data di tahun 2005. Negara penghasil minyak itu mengembangkan bidang bisnis lain seperti wisata dan konstruksi yang membuat UEA menjadi salah satu negara paling maju di dunia.

Kuwait

Hampir sama dengan UEA, minyak bumi menjadi modal besar negara ini dalam mengembangkan perekonomian. Selain minyak, Kuwait juga memiliki industri keuangan dan pengolahan makanan dengan jumlah besar.

Diketahui Kuwait tercatat memiliki GNI sekitar USD83.310 dan memiliki angka harapan hidup pada saat lahir hingga 74 tahun.

Brunei Darussalam

Negara kecil yang satu daratan dengan negara kita ini menjadi salah satu negara terkaya di dunia dengan GNI USD83.760. Negara dengan populasi 430.000, mengelola teknologi industri yang membuat Brunei Darussalam menjadi negara paling maju kedua di Asia Tenggara setelah Australia. selain itu, negara Brunei Darussalam juga sangat menjunjung syariat Islam.

Singapura

Satu lagi, tetangga Indonesia menjadi salah satu negara terkaya di Dunia. Walaupun Singapura terbilang negara yang sangat kecil, negara ini mempunyai GNI USD90.570 dengan populasi yang hanya 5.610.000 orang.

Negara sangat mengandalkan perdagangan internasionalnya yang membuat negara itu kaya. Singapura dikenal sebagai salah satu pusat keuangan dunia. Selain itu, negara ini juga memiliki beberapa tempat wisata yang terbilang cukup eksklusif jika dibandingkan dengan negara lainnya di dunia.

Qatar

Bukan Amerika Serikat, Inggris, ataupun Arab Saudi yang menjadi negara terkaya di dunia, melainkan Qatar. Qatar memiliki GNI USD128.060 yang menjadikannya sebagai negara terkaya di Dunia. Selain itu, Qatar juga memiliki sumber gas alam terbesar yang menjadikan negara itu sebagai eksportir gas alam terbesar di dunia.

Di negara ini, biaya pendidikan, kesehatan, air, listrik diperoleh secara gratis sehingga kebutuhan primer rakyatnya terjamin. Ditambah dengan subsidi bantuan pemerintah. Negara dengan jumlah populasi mencapai 2.740.000 ini memiliki harapan hidup pada saat lahir hingga 78 tahun.


Itulah lima negara terkaya di dunia saat ini. Lantas bagaimana dengan Indonesia? Berdasarkan laman pantau.com tidak dijelaskan secara rinci posisi Indonesia. Secara umum Indonesia memiliki wilayah yang sangat luas. Selain itu, populasi penduduk Indonesia juga berpuluh-puluh lipat daripada kelima negara di atas.

Jadi, apakah tidak mungkin Indonesia menjadi negara terkaya? Jawabanya itu mungkin saja, terlepas dari sumber daya alam Indonesia yang melimpah, sumber daya manusia bangsa Indonesia yang mempuni.

Dan yang paling utama adalah pengelolaannya, sekaya apapun negara akan runtuh kalau dikelola dengan cara yang salah, misalkan menempatkan sesuatu yang bukan tempatnya, dan keberadaan korupsi yang sulit untuk diberantas.

Sumber : pantau.com

0/5 (0 Reviews)

ARTIKEL TERKAIT
Inilah 4 Bukti Menarik Tentang Kapal Nabi Nuh yang Dipercahaya Dibangun di Indonesia!

Ayo mulai berdiksusi