Kisah Nabi Ayyub, Manusia Paling Sabar Meski Ditimpa Ribuan Musibah!

in
Kisah Nabi Ayyub, Manusia Paling Sabar Dalam Sejarah Meski Ditimpa Ribuan Musibah Dafunda

Dafunda Gokil – Apakah kalian pernah melihat orang yang paling sabar di dunia ini? Setiap manusia, pasti ada batasnya, begitu juga dengan kesabaran yang ada batasnya. Di dunia ini, jika kita berbicara mengenai tentang kesabaran, ada salah satu utusan Allah SWT yang paling sabar lho. Siapa lagi jika bukan Nabi Ayyub Alaisalam.

Jika mau dibandingkan dengan semua ujian yang kita terima mungkin tak ada apa-apanya. Sebelum jatuh miskin, Ayyub dahulunya dikenal sebagai orang yang kaya, Ia memiliki hewan ternak, budak, dan juga tanah.

Ia juga dikaruniai seorang istri dan anak-anak yang baik dan sholeha. Tetapi, menjadi seorang utusan pasti lebih banyak dalam mendapat ujian, dan hal tersebut juga ditimpakan kepada Ayyub AS.

Ujian demi ujian terus menimpanya, dimulai dari anak-anaknya yang meninggal, hartanya habis tak bersisa, ternaknya binasa, sampai ia sendiri terkena penyakit yang sangat sulit disembuhkan.

Kisah Nabi Ayyub, Manusia Paling Sabar Dalam Sejarah Meski Ditimpa Ribuan Musibah Dafunda Gokil

Seluruh badannya digerogoti, kecuali lisan yang ia gunakan untuk berzikir. Apakah selanjutnya ia menjadi seorang yang protes dan terus mengeluh kepada Allah? Jawabannya tidak, ia tetap berzikir dan memuji kebesaran Allah Sahabat Boombastis.

Lama kelamaan, kerabat dan sanak saudara juga meninggalkan ia. Tinggallah seorang istri setia yang menemani dan mengurus semua keperluan Ayyub AS. Dalam banyak riwayat, diceritakan bahwa nabi Ayyub menderita sakit parah dan diuji selama 18 tahun.

Ada cerita kesetiaan juga dari istrinya, ketika Nabi Ayyub diberikan kesembuhan pada akhirnya. Lalu dia ingin melaksanakan sumpahnya yaitu menghukum istrinya. Akan tapi karena mengingat ketulusan dan kesalehan si wanita, Ayyub sempat dilanda kebingungan.

Kisah Nabi Ayyub, Manusia Paling Sabar Dalam Sejarah Meski Ditimpa Ribuan Musibah

Allah yang maha penyayang mengajari bagaimana menghukum tanpa menyakiti. Caranya, 100 lidi diikat menjadi sapu lantas dipukulkan tanpa menyakiti.

Ini berarti telah memukul 100 kali sekaligus.ereka berdua tak memiliki uang untuk membeli makanan, istrinya nekat menjual sebagian rambutnya ke pasar. Karena perihal tersebut, Ayyub marah dan melontarkan kata untuk menghukum sang istri dengan 100 kali cambukan seandainya ia sembuh.

Begitulah kisah teladan Nabi Ayyub Alaisalam yang harus kita teladani dan ikuti. . Hal ini membuktikan bahwa sabar itu tak berbatas, kesetiaan juga akan terbayar jika seorang perempuan ikhlas menemani suami dalam keadaan terburuk sekalipun.

0/5 (0 Reviews)

ARTIKEL TERKAIT
Muntahan Paus Lewat, Inilah 4 Fakta Meteorit yang Dijual Sampai Ratusan juta!

Ayo mulai berdiksusi