Sejak Tahun 1951 Hingga 2014, Hanya 2 Negara yang Pernah Juara Umum Asian Games?

in , ,
2 Negara Yang Terus Juara Umum Asian Games Muhammad Solihin

Dafunda GokilAsian Games cabang Sepakbola telah dibuka beberapa hari lalu yang diawali oleh laga perdana masing-masing antara Laos menghadapi Hongkong, Palestina menghadapi Taiwan, lalu 2 hari kemudian yaitu 12 Agustus! laga perdana Timnas kebanggaan kita telah dimulai! yaitu Indonesia menghadapi Taiwan.

  • Tentu sebagai pecinta dan Suporter Timnas sepakbola Indonesia saya sangat senang, Indonesia berhasil menaklukan Taiwan dengan skor telah 4-0.

Bahasan ini bukan tentang juara atas pemenang Final cabang sepakbola di Asian Games, melainkan catatan keseluruhan untuk juara umum dari pergelaran tersebut. Semoga di tanah air ini, yaitu Jakarta dan Palembang yang menjadi tuan rumah dapat mencetak Sejarah baru, karena dari keseluruhan catatan selama pergelaran Asian Games sejak 1951 hingga 2014! hanya 2 negara yang mampu menjadi Juara Umum dari semua perolehan Medali.

Siapa Saja 2 Negara yang Mampu Menjadi Juara Umum Asian Games Selama Lebih dari 8 Kali Berturut-turut Tersebut?

Hingga saat ini, 45 negara telah tercatat sebagai partisipasi dalam pergelaran Akbar 4 tahun sekali ini. Untuk jumlah cabang olahraga yang dipertandingkan sendiri itu ada sebanyak 37 cabang olahraga. Dimana 28 cabang olahraga dari olimpiade, 4 cabang olahraga khas Asia, dan 5 lainnya adalah usulan tuan rumah Indonesia.

Inilah 2 negara yang selalu memenangkan Juara Umum Asian Games sejak 1951:

2 Negara Yang Terus Juara Umum Asian Games Muhammad Solihin

Keterangan: Lambang negara awal sebelah kiri (tuan rumah). Sebelah kanan (juara umum). Dilansir langsung dari data milik Komite Olimpiade Nasional dari semua negara yang ikut dalam ajang Asian Games, 43 negara telah telah memenangkan setidaknya satu medali dalam kompetisi tersebut.

2 Negara Yang Terus Juara Umum Asian Games Muhammad Solihin

Sedangkan 3 negara lainnya yang masing-masing adalah Bhutan, Maladewa, dan Timor Leste hingga gelaran terakhir pada tahun 2014 terakhir, sama sekali belum pernah memenangkan satu medalipun. China adalah negara paling hebat dengan pencapain mereka yang sepanjang Sejarah telah menjadi juara sebanyak 9 kali, disusul oleh Jepang dengan sebanyak 8 kali.

Termasuk di tahun ini, Jepang dan China juga masih merupakan kandidat terkuat untuk menjadi juara umum loh. Juara Asian Games? saya yakin! Indonesia bisa, bisa, bisa dan bisa! sebagai tuan rumah memiliki Potensi untuk unjuk gigi menjuarai Asian Games. Saya sangat suka cabang Sepakbola dan sangat menanti-nantikan setiap kali mereka akan melakoni pertandingan, NKRI harga mati.

ARTIKEL TERKAIT
Bikin Betah, Inilah 15 Potret Kehidupan di Jepang Dijamin Bikin Kalian Ingin Tinggal Disana

Ayo mulai berdiksusi