Mengungkap Fakta di Balik Jual Beli Mayat yang Digunakan untuk Praktik dalam Kedokteran!

in ,
Mengungkap Fakta Di Balik Jual Beli Mayat Yang Digunakan Untuk Praktik Dalam Kedokteran! Mr X

Dafunda Gokil – Bagi kalian yang sudah mengenal dunia kedokteran atau kesehatan, tentu sudah sangat biasa saja mendengar tentang jual beli mayat untuk membantu praktik dalam dunia kedokteran.

Nah berbicara mengenai itu, salah satu mayat yang diinginkan adalah Cadaver atau mayat yang sudah diawetkan. Cadaver ini nantinya dipelajari dalam mempelajari anatomi tubuh manusia.

Jadi, si mayat yang sudah diawetkan diteliti serta dicocokkan dengan materi yang sudah dipelajari. Lebih mengerikan lagi, ada praktik lanjutan yang mengharuskan mereka membedah tubuh mayat. Bagaimanakah fakta atau cara mendapatkan mayat ini? Simak ulasan di bawah ini.

Mengungkap Fakta di Balik Jual Beli Mayat yang Digunakan untuk Praktik dalam Kedokteran!


1. Mayat ini disediakan oleh pihak kampus

Mengungkap Fakta Di Balik Jual Beli Mayat Yang Digunakan Untuk Praktik Dalam Kedokteran! Disediakan Pihak Kampus

Tahukah kalian, ternyata faktanya praktik jual beli mayat sudah dilakukan sejak dulu. Hanya saja, jika dibandingkan dengan masa kini, pihak instansilah yang bertanggung jawab menyediakan property untuk praktik.

Berdasarkan penuturan beberapa mahasiswa yang kuliah di jurusan kedokteran, mereka tidak tau menahu soal mayat yang mereka teliti. Para mahasiswa tersebut hanya membeli –biasanya patungan dengan kelompok- kepada pihak kampus


2.  Ternyata harga Cadaver lumayan mahal lho

Mengungkap Fakta Di Balik Jual Beli Mayat Yang Digunakan Untuk Praktik Dalam Kedokteran! Harganya Mahal

Usut punya usut, pratik menggunakan Cadaver akan dimulai saat semester 2 di kuliah. Harga yang dipatok untuk satu cadaver sendiri bisa 8-20 juta rupiah. Mahalnya harga cadaver ini tentu karena stok mayat yang juga terbatas dan tidak selalu ada. 

Menurut  salah seorang mahasiswa kedokteran Surabaya mengungkapkan bahwa semakin sulit mendapatkan cadaver karena jumlah mahasiswa semakin bertambah. Jika tidak ada cadaver, maka mereka hanya menggunakan manekin atau boneka 


3.  Mayat yang dijual ternyata Mr. X

Mengungkap Fakta Di Balik Jual Beli Mayat Yang Digunakan Untuk Praktik Dalam Kedokteran! Mr X

Seperti halnya hal rahasia lainnya, Cadaver pastinya didapat dari rumah sakit besar yang menangani kecelakaan, bedah, serta aktivitas medis lain. Tentu saja Cadaver adalah seorang Mr. X atau orang yang tidak mempunyai identitas. 

Mayat-mayat tersebut kadang sudah meningap lama di ruang pendingin kamar mayat dan tidak ada keluarga yang mengakuinya. Atau mungkin, mayat tersebut sudah tidak bisa dikenali karena beberapa sebab, sehingga tidak diketahui oleh para kerabatnya.

ARTIKEL TERKAIT
8 Perusahaan Terbesar di Dunia 2019 (versi Fortune Global 500)

Ayo mulai berdiksusi