Viral di Media Sosial, Sebut Dirinya Avengers, Jokowi Katakan Siap Lawan Thanos!

in ,

Dafunda Gokil  – Belum lama ini, presiden Joko Widodo kembali viral di media sosial. Setelah sebelumnya viral karena aksinya di opening Asian Games 2018 yang tuai pujian dari netizen di dunia ini. Nah, baru – baru ini, beliau kembali menyita perhatian publik, pasalnya ia menyebut kondisi perekonomian dunia saat ini menuju Infinity War.

Presiden Joko Widodo bermaksud mengambil cerita di Avengers: Infinity War. Yang menceritakan sosok bernama Thanos yang mengancam akan memusnahkan setengah populasi bumi, Presiden Jokowi mengatakan ia dan sesama rekan Avengers lainnya siap mencegah hal tersebut terjadi.

Viral di Media Sosial, Sebut Dirinya Avengers, Jokowi Katakan Siap Lawan Thanos! - Thanos

“Thanos ingin memusnahkan setengah populasi karena ia percaya sumber daya planet bumi terbatas,” ujar Jokowi saat menyampaikan pidatonya pada World Economic Forum on ASEAN di National Convention Center, Hanoi”.

Nah, namun menurut beliau pada kenyataannya, sumber daya untuk umat manusia tidak terbatas. Perkembangan teknologi, misalnya, telah menghasilkan peningkatan efisiensi, memberi kita kemampuan untuk memperbanyak sumber daya kita lebih banyak dari sebelumnya.

“Penelitian ilmiah membuktikan, ekonomi kita sekarang lebih ‘ringan’ dalam hal berat fisik dan volume fisik. Dalam 12 tahun terakhir, total berat dan volume televisi, kamera, pemutar musik, buku, surat kabar, dan majalah telah tergantikan oleh ringannya ponsel pintar dan tablet,” .

Tidak hanya itu, di depan sejumlah pimpinan negara yang hadir, Presiden juga memaparkan sudah saatnya peningkatan ekonomi didorong bukan lagi dari sumber daya alam, melainkan sumber daya manusia yang tidak terbatas.

Viral di Media Sosial, Sebut Dirinya Avengers, Jokowi Katakan Siap Lawan Thanos! - Jokowi

“Asian Games dan Asian Para Games yang diadakan di Jakarta dan Palembang merupakan pertunjukan spektakuler dari bakat manusia di Asia. Lebih dari 14 ribu atlet dan 7.000 ofisial dari 45 negara bertanding di 40 cabang olahraga,” .

Bahkan, pada acara pembukaan dan penutupan, ribuan penyanyi, penari, dan berbagai artis dari Indonesia, India, Korea, serta berbagai negara turut memeriahkan acara, termasuk penampilan dangdut dari Indonesia, Bollywood dari India, dan K-Pop dari Korea. Presiden Jokowi juga mengatakan secara khusus, di Indonesia, sumber daya manusia.

“Saat ini Indonesia telah memiliki empat ‘unicorn’ atau perusahaan start-updengan nilai miliaran dolar, sama dengan jumlah ‘unicorn’ di gabungan 28 negara di Uni Eropa,” ucap Presiden.

“Saya percaya bahwa Revolusi Industri 4.0 akan menciptakan banyak lapangan kerja dan meningkatkan kesetaraan, karena salah satu aspek penting dari Industri 4.0 adalah penurunan biaya produk dan jasa sehingga menyebabkan produk tersebut lebih murah dan mudah dijangkau bagi kalangan berpendapatan rendah,”.

Namun, Presiden kembali menegaskan, untuk menuju ke arah sana, kita harus mencegah terlebih dahulu perang dagang untuk menjadi ‘perang yang tak terbatas’. Sosok ‘Thanos’, menurut Presiden, bukanlah seorang individu, namun sebuah kepercayaan yang salah bahwa untuk mencapai keberhasilan bagi kita, yang lain harus mengalah.

ARTIKEL TERKAIT
Berhijab, Atlet ini Malah di Diskualifikasi dari Asian Para Games 2018, Kenapa?

Ayo mulai berdiksusi