Jangan Tertipu, 4 Fakta di Balik Isu Penculikan Anak Hingga Penjual Organ Tubuh Yang Meresahkan Masyarat!

in ,
Jangan Tertipu, 4 Fakta Di Balik Isu Penculikan Anak Hingga Penjual Organ Tubuh Yang Meresahkan Masyarat! Dafunda Gokil

Belum lama ini, di sosial media banyak sekali isu tentang penculikan anak-anak hingga penjual orang tubuh yang meresahkan para orang tua. Banyak sekali isu-isu ini kita temui di sosial media. Tanpa mencari tahu dulu kebenaran isu tersebut.

Parahnya, banyak sekali orang-orang hanya membaca sekilas, tanpa tahu maksudnya. Oleh karena itu, kita bisa juga disebut salah, jika menyebarkan informasi hoax atau bohong. Setidaknya, kita harus cari tahu dulu kebenarannya.

Berbicara mengenai penculikan ini, banyak sekali rumor tentang hal ini di internet belum lama ini. Tapi, ada fakta-fakta menarik dibalik hal tersebut loh. Mending kalian simak dahulu, sebelum menyebar isu-isu yang sangat mengerikan ini. Inilah 4 Fakta di Balik Isu Penculikan Anak Hingga Penjual Organ Tubuh Yang Meresahkan Masyarat! Cek di bawah ini.

Jangan Tertipu, 4 Fakta di Balik Isu Penculikan Anak Hingga Penjual Organ Tubuh Yang Meresahkan Masyarat!


1. Isu yang terus disebarkan oleh masyarakat

Jangan Tertipu, 4 Fakta Di Balik Isu Penculikan Anak Hingga Penjual Organ Tubuh Yang Meresahkan Masyarat! Isu

Berawal dari satu masyarat yang tak bertanggung jawab membuat isu yang sangat mengerikan ini. Datanglah sekelompok orang yang hanya membaca sekilas tanpa mencari kebenarannya dulu menyebarkan hal ini.

Alhasil, semua orang yang melihat, tersebut resah dan menyebarkan dengan yang lainnya. Beginilah rantai isu yang terjadi di masyarakat. Bahkan, foto yang disebarkan tersebut, ternyata bukanlah pelaku kejahatan penculikan anak.


2. Pria dalam foto tersebut bukanlah pelaku

Jangan Tertipu, 4 Fakta Di Balik Isu Penculikan Anak Hingga Penjual Organ Tubuh Yang Meresahkan Masyarat! Pelaku

Berisi pesan-pesan yang berantai atau meresahkan, dan menuduh sang pelaku seperti yang di foto tersebut dan disebar ke seluruh Indonesia, mulailah para netizen menyalahkan sang pria babak beluk tersebut. 

Nyatanya, laki-laki berusia 41 tahun tersebut sama sekali tidak pernah melakukan penculikan. Iya, beliau memang babak belur. Namun hal itu dikarenakan kedapatan mengambil ponsel di sebuah warung.


3. Menyebar Hoax, bisa menjadi kejahatan internet

Jangan Tertipu, 4 Fakta Di Balik Isu Penculikan Anak Hingga Penjual Organ Tubuh Yang Meresahkan Masyarat! Hoax

Apakah kalian pernah menyebar hoax? Jika kalian aktif bermain sosial media, berhati-hatilah. Karena banyak sekali hoax yang disebarkan oleh orang-orang tak bertanggung jawab.

Mulai sekarang, bacalah berita tersebut, atau cari tahu kebenarannya terlebih dahulu. Sebelum kita menyebarkannya kepada orang lain. Karena, ini bisa menjadi dampak buruk untuk kita, karena ikut menyebarkan kebohongan atau hoax.


4. Ada pihak yang ingin buat kekacauan di Indonesia

Jangan Tertipu, 4 Fakta Di Balik Isu Penculikan Anak Hingga Penjual Organ Tubuh Yang Meresahkan Masyarat! HCC

Setelah dianalisis oleh HCC atau hoax crisis center, diketahui bahwa ada pihak yang pengen bikin chaos di negeri ini. Menyebar ketakutan melalui dunia maya hingga ketakutan tumbuh subur di tiap titik kota padat penduduk di Indonesia, itu jelas bikin polisi kualahan.


Nah itulah fakta-fakta di balik isu penculikan anak hingga penjual organ tubuh di Indonesia, yang mungkin bisa disebut hoax belaka. Seperti yang kalian tahu, menyebar hoax akan berdampak buruk bagi kita, bisa saja kita celaka dan terkena undang-undang ITE. Mulai sekarang, berhati-hatilah dalam berbuat sesuatu yang mungkin belum kita tahu kebenarannya.

ARTIKEL TERKAIT
Mesut Özil, Pemain yang Mendapat Perlakuan Rasis Karena Memiliki Darah Keturunan Turki!

Ayo mulai berdiksusi