10 Ikon Negara Yang Terkenal Di Kawasan Asia Tenggara

in , ,
Ikon Negara Yang Terkenal6

Setiap negara memiliki ciri khasnya masing-masing yang salah satunya bisa berbentuk ikon. Adanya landmark membuat sebuah negara semakin mudah untuk dikenali.

Berikut ikon terkenal yang ada di negara kawasan Asia Tenggara:

1. Monas – Indonesia

Ikon Negara Yang Terkenal1

Monumen Nasional atau yang populer disingkat dengan Monas atau Tugu Monas adalah monumen peringatan yang tingginya mencapai 132 meter (433 kaki) yang didirikan untuk mengenang perlawanan dan jasa perjuangan rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan dari pemerintahan kolonial Hindia Belanda.

Pembangunan monumen ini dimulai pada tanggal 17 Agustus 1961 di bawah perintah Presiden Sukarno dan dibuka untuk umum pada tanggal 12 Juli 1975. Tugu ini dimahkotai lidah api yang dilapisi lempengan emas yang melambangkan semangat perjuangan yang menyala-nyala.

Monumen Nasional terletak tepat di tengah Lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat. Monumen dan museum ini dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 – 15.00 Waktu Indonesia Barat. Pada hari Senin pekan terakhir setiap bulannya.

2. Menara Kembar Petronas – Malaysia

Ikon Negara Yang Terkenal3

Menara Petronas adalah dua buah gedung pencakar langit kembar di Kuala Lumpur,Malaysia yang sempat menjadi gedung tertinggi di dunia dilihat dari tinggi pintu masuk utama ke bagian struktur paling tinggi.

Menara ini dirancang oleh Adamson Associates Architects, Kanada bersama dengan Cesar Pelli dari Cesar Pelli of Cesar Pelli & Associates Architects Amerika serikat yang selesai dibangun setinggi 88 lantai pada 1998 dengan desain Interior yang merefleksikan budaya Islam yang mengakar di Malaysia.

Pada 17 Oktober 2003, Taipei 101 mengambil rekor menara kembar ini.Tetapi Menara Kembar Petronas tetap memegang gelar menara kembar tertinggi di dunia.

3. Patung Merlion – Singapura

Ikon Negara Yang Terkenal2

Patung Merlion di Singapura atau singa laut adalah patuh yang berkepala singa dengan badan seperti ikan, namanya merupakan gabungan dari ikan duyung dan singa ,merlion dirancang oleh Fraser Brunner untuk badan pariwisata singapura pada tahun 1964 dan dipergunakan sebagai logonya.

Hingga 1997 Perdana menteri saat itu, Lee Kuan Yew, meresmikan upacara pemasangan Merlion di Singapura pada 15 September 1997 Merlion tetap menjadi lambang merek dagang nya hingga sekarang , dan juga seringkali muncul dalam souvenir yang disetujui oleh badan pariwisata singapura.

Patung asli Merlion berdiri di mulut sungai Singapura sementara sebuah replika yang lebih tinggi dapat ditemukan di Pulau Sentosa ,tinggi Merlion ini 8.6 meter dan bertannya 70 ton, Patung Merlion dibangun dari campuran semen oleh seniman Singapura , Lim Nang Seng.

Menurut publikasi badan pariwisata Singapura, makluk berkepala singa dan bertubuh ikan ini berkisah tentang Nila Utama yang legendaris yang melihat seekor singa selagi berburu di sebuah pulau ,dalam perjalannya ke Malaka ,Pulau itu belakangan dikenal sebagi pelabuhan Temasek ,yang kemudian menjadi singapura.

4. Pagoda Emas Shwedagon – Myanmar

Ikon Negara Yang Terkenal4

Pagoda adalah bangunan suci, tempat beribadah umat Buddha. Pagoda biasanya ada di negara-negara yang kebanyakan penduduknya beragama Buddha. Nah, salah satunya Pagoda Shwedagon di Kota Yangon, Myanmar.

Shwedagon memiliki makna dari tiap katanya yaitu : Kata “Shwe” artinya emas dan “Dagon” adalah nama kota Yangon. Konon, usia pagoda ini sudah lebih dari 2.000 tahun, di atas pagoda ini terdapat stupa berlapis emas, yang tingginya 99 meter.

Menurut sejarah, awalnya bangunan pagoda ini tidak berlapis emas. Namun, setelah sempat roboh, pagoda ini dibangun kembali. Barulah stupanya diberi lapisan emas seberat 40 kg.

Selain tempat ibadah,bentuknya yang menarik, membuat banyak orang datang ke sana. Saat ini, Pagoda Shwedagon jadi salah satu objek wisata terkenal di Myanmar. Tak heran kalau banyak wisatawan, yang berkunjung ke sana. Namun, berhubung ini tempat yang disucikan, para pengunjung yang datang harus patuh pada aturan.

Di Indonesia ada replika pagoda ini. Tepatnya di komplek International Buddhis Centre, Taman Alam Lumbini, Desa Dolat Rayat, Brastagi, Sumatera Utara.

5. Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin – Brunei Darussalam

Ikon Negara Yang Terkenal5

Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin adalah masjid kerajaan kesultanan Brunei yang terletak di Bandar Seri Begawan, ibu kota Brunei Darussalam. Masjid ini adalah salah satu masjid paling mengagumkan di Asia Pasifik, serta menjadi markah tanah dan daya tarik wisata utama di Brunei.

Masjid ini dinamai berdasarkan Omar Ali Saifuddin III, Sultan Brunei ke-28. Masjid yang mendominasi pemandangan kota Bandar Seri Begawan ini melambangkan kemegahan dan kejayaan Islam yang menjadi agama mayoritas dan agama resmi Brunei Darussalam. Bangunan ini rampung pada tahun 1959 dan merupakan contoh arsitektur islam modern.

6. Grand Palace – Thailand

Ikon Negara Yang Terkenal6

Grand Palace adalah kompleks bangunan istana di Bangkok, Thailand. Istana ini berfungsi sebagai kediaman resmi Raja-raja Thailand dari abad ke-18 dan seterusnya. Istana ini mulai dibangun pada tahun 1782, pada masa pemerintahan Raja Rama I, ketika ia memindahkan ibu kota kerajaan menyeberang sungai dari Thonburi ke Bangkok.

7. Angkor Wat – Kamboja

Ikon Negara Yang Terkenal7

Angkor Wat adalah sebuah kuil atau candi yang terletak di kota Angkor, Kamboja. Kuil ini dibangun oleh Raja Suryawarman II pada pertengahan abad ke-12. Pembangunan kuil Angkor Wat memakan waktu selama 30 tahun.

Angkor Wat terletak di dataran Angkor yang juga dipenuhi bangunan kuil yang indah, tetapi Angkor Wat merupakan kuil yang paling terkenal di dataran Angkor. Raja Suryawarman II memerintahkan pembangunan Angkor Wat.

Menurut kepercayaan Hindu yang meletakkan gunung Meru sebagai pusat dunia dan merupakan tempat tinggal dewa-dewi Hindu, dengan itu menara tengah Angkor Wat adalah menara tertinggi dan merupakan menara utama dalam kompleks bangunan Angkor Wat.

8. Pha That Luang – Laos

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Berkunjung ke Ibukota Laos, Vientiane rasanya tak lengkap tanpa berkunjung ke Pha That Luang. Situs ini sejatinya adalah wihara dengan stupa berwarna emas. Tahun 1975 Pha That Luang ditetapkan sebagai ikon negara Laos. Hingga saat ini ilustrasi Pha That Luang terpampang di setiap lembaran Kip alias mata uang Laos, Pha That Luang diperkirakan dibangun tahun 1566.

9. Trump Tower Manilla – Filipina

Ikon Negara Yang Terkenal9

Trump Tower Manila merupakan sebuah bangunan mix used yang mana terdiri dari 220 unit suite, penthouse seluas 435 meter persegi, serta berbagai fasilitas mewah lainnya seperti pusat bisnis, restoran, lounge dan video room, perpustakaan dan lain-lain yang akan mengisi gedung 56 lantai tersebut.

Desain menara ini juga disebut-sebut sebagai karya arsitektur paling canggih di Filipina. Yang mana, keseluruhan eksterior gedung berbahan kaca dan rangka baja, serta tirai berkilau yang semakin mempercantik tampilannya di tengah-tengah ibu kota Manila.

10. Patung Kristus – Timor Leste

Ikon Negara Yang Terkenal10

Banyak orang yang bilang bahwa kita belum pernah ke Timor Leste jika belum pernah mengunjungi Cristo Rei (Kristus Raja), tempat wisata rohani dekat kota Dili dengan patung setinggi 27 meter dengan wujud Yesus berdiri di atas bola bumi menjadi objek utamanya.

Ungkapan tersebut banyak diyakini oleh para wisatawan yang mengunjungi Timor Leste, sehingga hampir sebagian besar orang yang pernah berwisata ke sana tidak luput untuk mengunjungi patung Cristo Rei atau sekedar berfoto dengan background-nya dihiasi oleh patung tersebut dari kejauhan.

Meskipun Cristo Rei merupakan suatu tempat suci di Timor Leste dimana masyarakat setempat sering menjadikan area ini sebagai area peribadatan pada hari-hari tertentu.

Namun karena ukuran dari patung ini, pemandangan laut dan gunung yang sangat indah dari atas bukit serta adanya pantai berpasir putih tidak jauh dari situ, membuat tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.


Itulah beberapa ikon terkenal yang ada di negara kawasan Asia Tenggara. Terima kasih sudah membaca , jangan lupa berikan komentar kalian di bawah ya.

4.5/5 (2 Reviews)

ARTIKEL TERKAIT
Ada Apa Di Balik Segitiga Bermuda?

Ayo mulai berdiksusi