Kalian Pecinta Hewan, Inilah 8 Destinasi Wisata Di Indonesia Yang Wajib Dikunjungi Animal Lovers

in , , , ,
Pantai Lovina Lumba Lumba

Bagi para pencinta hewan, berlibur atau berkunjung ke tempat wisata yang penuh dengan hewan lucu dan menggemaskan, sepertinya wajib masuk bucket list.  Banyak banget destinasi wisata di penjuru dunia bahkan di indonesia yang cocok untuk dikunjungi para pecinta hewan.

Selama ini, kebun binatang selalu jadi tempat wisata favorit banyak orang. Terutama bagi para pencinta binatang. Apabila kalian adalah salah satunya, maka tidak perlu khawatir karena kini sudah ada banyak destinasi wisata sejenis yang di dalamnya terdapat berbagai binatang lucu dan menggemaskan.

Turis mancanegara saja rela menempuh perjalanan jauh hanya untuk mendatangi berbagai daerah di Indonesia serta menyaksikan langsung kekayaan fauna yang kita miliki. Bukankah seharusnya kita yang lebih antusias? Bangga, sekaligus sedikit tidak terduga, ternyata kayanya alam negeri sendiri sungguh amat luar biasa.

Tempat wisata di bawah ini tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Semuanya memiliki jenis binatang yang berbeda, mulai dari orangutan, komodo, hingga paus. Selain melihat binatang, kalian juga bisa belajar banyak hal tentang satwa yang mungkin selama ini belum kalian ketahui.

Berikut beberapa destinasi eksklusif bagi kalian para pecinta hewan dan alam liar. Karena faktanya, Indonesia memiliki 10 tempat tujuan terbaik untuk hal tersebut.

8 Destinasi Wisata untuk Pecinta Hewan di Indonesia

Morotai, Maluku Utara

destinasi wisata pecinta hewan 1

Morotai terletak di Utara Pulau Halmahera, Provinsi Maluku Utara. Pulau ini merupakan salah satu pulau paling utara di Indonesia dan merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Halmahera Utara. Luasnya hanya 1.800 kilometer persegi, namun seperti banyak orang bilang, Morotai keindahannya menggigit. Morotai memang banyak menyimpan pesona. Pesona bawah laut, pesona kepulauan, dan pesona sejarahnya yang kuat.

Menyelami kedalaman laut di Kepulauan Morotai, Maluku Utara, nyali akan diuji. Kawanan hiu akan menemani kalian mengeksplorasi indahnya dasar lautan. Sensasi yang tidak akan terlupakan.

Gorontalo, Sulawesi Utara

destinasi wisata pecinta hewan 2

Pantai Botu Barani di Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo menjadi sangat terkenal di kalangan wisatawan lokal dan mancanegara karena keberadaan sekolompok Hiu Paus di pesisir pantai. Tak hanya wisatawan lokal, namun keberadaan Hiu jinak tersebut berhasil menyedot perhatian Wisatawan Internasional.

Rasanya aktivitas ini dapat menjadi pengalaman paling berharga seumur hidup. Berenang bersama spesies ikan paus raksasa di Gorontalo cukup mendebarkan, sekaligus mengesankan. Tidak ada duanya.

Kakaban, Kalimantan

destinasi wisata pecinta hewan 3

Karena perubahan dan evolusi yang cukup lama oleh air hujan dan air tanah, air danau di Kakaban ini kemudian menjadi lebih tawar dibandingkan laut yang ada di sekitarnya. Perubahan ini berdampak juga pada adaptasi fauna laut yang ada di dalam danau itu.

Misalnya seperti ubur-ubur, karena terbatasnya makanan, akhirnya beradaptasi dengan melakukan simbiosis mutualisme dengan algae. Algae adalah penghasil makanan dan harus memasak makanan dengan bantuan sinar matahari.

Berenang bersama ubur-ubur jinak di danau indah di daerah Kakaban, Kalimantan, menjadi perhentian selanjutnya. Jangan takut tersengat, karena spesies ubur-ubur yang berhabitat di danau ini ramah terhadap manusia.

Tanjung Puting, Kalimantan Timur

destinasi wisata pecinta hewan 4

Tanjung Puting pada awalnya merupakan cagar alam dan suaka margasatwa yang ditetapkan oleh Pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1937. Suaka Margasatwa Sampit kemudian pada sekitar tahun 70-an diubah namanya menjadi Suaka Margasatwa Tanjung Puting.

Di taman nasional Tanjung Puting, kalian juga dapat melihat langsung spesies hewan langka orangutan. Tingkah serta kepintarannya yang menyerupai manusia, membuat orangutan sebagai salah satu hewan yang paling dilindungi.

Pulau Menjangan, Bali

destinasi wisata pecinta binatang 5

Pulau Menjangan Bali adalah sebuah pulau kecil yang terletak dalam kawasan Taman Nasional Bali Barat. Keindahan alam bawah laut Pulau Menjangan sangat digemari oleh wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Tidak heran kalau wisatawan pun tak pernah bosan saat berkunjung ke sini.

Sesuai namanya, di Pulau Menjangan Anda akan disambut dengan kumpulan rusa. Anda dapat bermain di tepi pantai dengan hewan bertanduk yang biasanya disebutkan di dalam buku cerita dongeng ini.

Lovina, Bali

destinasi wisata pecinta binatang 6

Pantai Lovina atau Lovina terletak sekitar 9 Km sebelah barat kota Singaraja. Lovina merupakan salah satu objek wisata yang ada di Bali Utara. Wisatawan asing maupun lokal banyak yang berkunjung ke sana.

Selain untuk melihat pantainya yang masih alami, juga untuk melihat ikan lumba-lumba yang banyak terdapat di pantai ini. Dengan menyewa perahu nelayan setempat, kita dapat mendekati lumba-lumba. Berbagai penginapan mulai dari Inn hingga Cottages tersedia dengan harga yang sangat terjangkau.

Way Kambas, Sumatra Selatan

Taman Nasional Way Kambas adalah taman nasional perlindungan gajah yang terletak di daerah Lampung tepatnya di Kecamatan Labuhan Ratu, Lampung Timur, Indonesia. Selain di Way Kambas, sekolah gajah (Pusat Latihan Gajah) juga bisa ditemui di Minas, Riau. Gajah Sumatra (Elephas maximus sumatranus) yang hidup di kawasan ini semakin berkurang jumlahnya.

Pulau Komodo

destinasi wisata pecinta binatang 8

Pulau Komodo adalah sebuah pulau yang terletak di Kepulauan Nusa Tenggara. Pulau Komodo dikenal sebagai habitat asli hewan komodo. Pulau ini juga merupakan kawasan Taman Nasional Komodo yang dikelola oleh Pemerintah Pusat.

View this post on Instagram

Gotta have one with the #komododragon

A post shared by Ashraf Sinclair Official (@ashrafsinclair) on

Pulau Komodo berada di sebelah timur  Pulau Sumbawa, yang dipisahkan oleh Selat Sape. Di Pulau Komodo, kalian dapat melihat langsung spesies unik lainnya. Tentunya, sesuai dengan nama pulaunya sendiri, hewan reptil komodo berhabitat di pulau eksotik ini.


Itulah beberapa rekomendasi destinasi wisata yang ada di Indonesia bagi para pecinta hewan atau alam liar dari Dafunda Viral. Selain bisa menikmati keindahan alam kalian juga bisa belajar mengenai Flora dan Fauna. Bagaimana tanggapan kalian? Tertarik untuk berkunjung? Jangan lupa berikan komentar kalian di bawah ini ya!

0/5 (0 Reviews)

ARTIKEL TERKAIT
Berani Kesana? Inilah 5 Tempat paling Angker dan Mengerikan di Indonesia!

Ayo mulai berdiksusi