Hati – Hati! Inilah 5 Daerah di Indonesia yang Rawan Gempa Bumi, Daerahmu Termasuk Kah?

Hati Hati! Inilah 5 Daerah Di Indonesia Yang Rawan Gempa Bumi, Daerahmu Termasuk Kah Nangroe Aceh Darussalam

Dafunda Gokil – Tahukah kalian, bahwa Indonesia negara tanah air ini rawan sekali terkena gempa bumi? Apakah penyebabnya, hal ini disebabkan  karena Indonesia terletak di antara pertemuan tiga lempeng dunia yaitu lempeng Indo-Australia, lempeng Eurasia, lempeng Pasifik. Selain itu, Indonesia juga berada di antara empat lempeng tektonik.

Yaitu lempeng benua Asia, lempeng benua Australia, lempeng Samudra Hindia, dan lempeng Samudra Pasifik.  Namun, ada satu pulau yang paling aman yaitu pulau Kalimantan. Nah, berbicara mengenai gempa bumi, kali ini kami akan memberikan informasi tentang daerah – daerah di Indonesia ini yang rawan sekali terkena gempa bumi. Penasaran? Berikut ini 5 Daerah di Indonesia yang Rawan Gempa Bumi, Daerahmu Termasuk Kah? Cek di bawah ini.

Hati – Hati! Inilah 5 Daerah di Indonesia yang Rawan Gempa Bumi, Daerahmu Termasuk Kah?


1. Banten

Hati Hati! Inilah 5 Daerah Di Indonesia Yang Rawan Gempa Bumi, Daerahmu Termasuk Kah Banten

Yang pertama adalah daerah Banten, hal ini diketahui pada 23 Januari 2018, gempa hebat mengguncang Banten dengan kekuatan 6,1 SR. Hari berikutnya disusul gempa dengan kekuatan 5,1 SR. Banten juga berpotensi mengalami gempa bumi hebat bahkan tsunami karena Samudra Hindia adalah samudera yang terletak di antara pertemuan lempeng tektonik.


2. Nusa Tenggara Barat

Hati Hati! Inilah 5 Daerah Di Indonesia Yang Rawan Gempa Bumi, Daerahmu Termasuk Kah Nusa Tenggara Barat

Yang kedua adalah Nusa Tenggara Barat, ternyata ini juga erpotensi menerima bencana gempa bumi. Seperti beberapa hari lalu tepatnya pada tanggal 5 Agustus 2018, NTB diguncang gempa dengan kekuatan 7 SR disusul dengan gempa kecil lainnya dengan kekuatan 5,2 SR. Gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami dan terletak di kedalaman 15 kilometer 8,3 lintang selatan, 116,48 bujur timur Kabupaten Lombok Utara.


3. Nangroe Aceh Darussalam

Hati Hati! Inilah 5 Daerah Di Indonesia Yang Rawan Gempa Bumi, Daerahmu Termasuk Kah Nangroe Aceh Darussalam

Kalian pasti tahu  bahwa Aceh pernah diterpa oleh gempa sekaligus tsunami dengan kekuatan 9,4 SR pada tahun 2004. Hal ini terjadi karena pergeseran lempeng sebagian dasar laut yang panjang dan sempit naik dalam hitungan detik saja. Tidak heran jika kejadian ini berhasil menyapu permukaan Aceh terutama Lhoknga. Gempa selanjutnya adalah pada tahun 2018 sebesar 4,4 SR.


4. Padang

Hati Hati! Inilah 5 Daerah Di Indonesia Yang Rawan Gempa Bumi, Daerahmu Termasuk Kah Padang

Pada tahun ini, Padang sudah dilanda gempa dua kali yaitu pada bulan Maret dan Agustus. Tidak ada korban jiwa meskipun kekuatannya 5,0 SR dan 5,9 SR.


2. Daerah Istimewa Yogyakarta

Hati Hati! Inilah 5 Daerah Di Indonesia Yang Rawan Gempa Bumi, Daerahmu Termasuk Kah Yogyakarta

Yang terakhir adalah Yogyakarta sempat diguncang gempa dengan kekuatan 5,8 SR pada tahun 2006. Gempa ini terjadi beberapa hari setelah gunung api Merapi meletus.


Nah, itulah 5 daerah di Indonesia ini yang rawat banget gempa. Jadi bagi kalian yang ada di daerah tersebut berhati-hati lah, terlebih lagi Bali baru – baru ini diterpa gempa dan memakan korban hingga ratusan orang. Semoga Allah melindungi kita semua.

ARTIKEL TERKAIT
Mau Nikah Muda? Ini 6 Persiapan Penting Sebelum Menjadi Orang Tua!

Ayo mulai berdiksusi