Serem ! Inilah Bangunan Horor Di Indonesia, Rumah Raditya Dika Salah Satunya

in ,
Febriyudarr 23 7 2019 13 29 58 222 1024x576

Di Indonesia banyak bangunan horor dengan beragam sejarah di baliknya. Mulai dari gedung sejak masa penjajahan, ada orang bunuh diri dan masih banyak kisah menyeramkan lainnya.

Bahkan, salah satu rumah seorang youtuber sekaligus produser film yaitu Raditya Dika juga tergolong bangunan seram, kata netizen. Lantas, apa saja bangunan horor di Indonesia lainnya? Simak ulasan di bawah ini.

7 Bangunan Hantu Terhoror yang Ada di Indonesia

Rumah Pocong Sumi, Yogyakarta

Rumah Pocong Sumi adalah rumah tua di Kotagede yang sudah bertahun-tahun tidak dihuni. Bangunan tua mangkrak dengan segala kisah di baliknya tentu menarik untuk dikunjungi bagi penyuka horor. Rumah ini cukup populer karena sering masuk acara TV dan misteri.

Bahkan penjaga rumah tua ini mengatakan bahwa Harry Pantja selaku host Dunia Lain, tidak kuat saat berada di rumah ini. Suasananya pengap dan hawanya sangat tidak enak. Seolah ada banyak sosok yang mengamati namun tak terlihat.

Konon, banyak saksi mata yang pernah melihat pocong Sumi ini berdiam diri di teras rumah. Biasanya, waktu kemunculannya pada pukul 10 malam ke atas, ketika jalanan sudah sangat sepi dan gelap. Jadi, jika kalian melintasi rumah ini saat malam hari, jangan kaget kalau melihat si pocong Sumi berdiri di teras rumah.

Rumah Kentang, Yogyakarta

Masih di Yogyakarta, ada rumah yang memiliki cerita mistis menurut warga setempat. Namanya adalah Rumah kentang yang tepatnya berada di Kotabaru dan terletak di seberang SMA Stella Duce I.

Saat ini, rumah tersebut sudah dimanfaatkan menjadi bangunan salah satu bank swasta di Indonesia. Tetapi sebelumnya, rumah ini sempat kosong dalam waktu yang cukup lama.

Gedung ini disebut rumah kentang karena apabila melewati rumah ini pada malam hari, akan tercium bau kentang secara tiba-tiba. Konon lonceng kecil yang diletakkan di pintu pagar juga sering berbunyi dengan sendirinya.

Rumah Raditya Dika, Kemang

Sejak tahun 2018 lalu, rumah dari Raditya Dika kerap menjadi perbincangan netizen. Pasalnya, menurut beberapa sumber ada berbagai macam hantu tinggal di sana. Mulai dari hantu orang tua, kuntilanak merah, anak kecil sampai dengan makhluk halus berbentuk tangan saja.

Hal ini terkadang membuat seluruh penghuni rumah Raditya Dika menjadi ketakutan. Terutama sang istri, Anisa Aziza yang kerap diganggu oleh hantu-hantu tersebut. Namun, semenjak kehadiran Alinea Ava Nasution atau anak Raditya Dika, hantu-hantu ini semakin jarang menampakkan kehadirannya.

Rumah Sakit Mardi Waluyo, Blitar

Rumah Sakit Mardi Waluyo yang lawas memang menyimpan banyak sekali cerita mengerikan di dalamnya. Ada yang mengatakan kalau kadang-kadang ada dokter atau suster yang membantu pasien meski sebenarnya mereka adalah makhluk halus. Belum lagi penampakan-penampakan lain yang membuat warga sekitar enggan mendekat.

Selain adanya dokter dadakan, kawasan ini juga dikuasai oleh kerajaan gaib yang konon sangat kuat. Acara TV yang membahas hal-hal mistis sering sekali meliput tempat ini. Makhluk halus seperti kuntilanak, genderuwo, hingga pocong pun dianggap sebagai salah satu penghuni tetap di rumah sakit lawas ini.

Bandung Medical Centre

Ada bangunan bekas rumah sakit yang tak kalah menyeramkan di Bandung, bernama Bandung Medical Centre (BMC). Pengunjung BMC akan disuguhi wajah gedung khas Belanda yang sudah tidak terurus. Beberapa kaca jendela yang mulai retak dan ditumbuhi lumut, juga pohon-pohon besar di area BMC membuat aura mistis makin terasa kental.

Menurut warga setempat, bangunan ini sudah tiga sampai empat kali direnovasi, tapi tidak kunjung selesai. Katanya, para pekerja ketakutan karena sering melihat penampakan-penampakan makhluk halus.

Villa Hantu Setanggi, Lombok

Villa Hantu yang ada di Pulau Lombok ini adalah destinasi wisata alternatif yang kini begitu ramai dikunjungi wisatawan. Mereka yang datang ke sini juga tidak hanya para wisatawan lokal. Para turis mancanegara juga banyak yang tertarik untuk melihat keindahan pemandangan secara langsung dari bangunan tua ini.

Berlabel sebagai villa hantu, tidak heran jika suasana seram juga membayangi bangunan tua ini. Bahkan, menurut pengakuan beberapa wisatawan asing dan lokal, dulu cukup sering terjadi penampakan di bangunan ini.

Apalagi, bangunan tua ini juga pernah dijadikan sebagai tempat pembuangan bayi oleh orang tua yang tak bertanggung jawab. Hanya saja, intensitas penampakan dan kejadian-kejadian tak menyenangkan tersebut kini sudah jarang terjadi. Alasannya, karena kondisi rumah tua yang selalu ramai pengunjung.

Hotel P.I Bedugul, Bali

Saat liburan ke Bali, sempatkan untuk mampir ke Hotel P.I Bedugul. Meski disebut dengan nama hotel, tempat ini bukanlah tempat yang menyediakan layanan akomodasi. Alih-alih, bangunan hotel tersebut merupakan salah satu tempat yang menyeramkan di kawasan Bedugul.

Bangunan besar yang sudah terkelupas cat dindingnya serta anak tangga yang berlumut memberikan kesan horor. Bahkan jika kalian memasuki area kamar, lobby, kamar mandi, mungkin kalian akan merasa hotel ini “berpenghuni”.

Banyak cerita mistis yang menyelimuti hotel terbengkalai ini. Mulai dari adanya seorang pegawai yang meninggal tiba-tiba dan bergentayangan di malam hari. Ada juga cerita tentang suatu kelompok wisata turis asal Rusia yang menghilang di saat mengunjungi bangunan yang misterius ini.

Meskipun begitu, bangunan ini tetap menjadi incaran para fotografer untuk mengabadikan setiap spot dalam bidikan kamera. Kini Hotel P.I Bedugul cukup ramai sebagai tempat wisata horor sekaligus setting sebuah foto yang epik untuk diabadikan.


Ternyata, ada banyak sekali bangunan horor di Indonesia yang menyebar di beberapa kota. Semuanya memiliki sejarah menarik dan cerita masing-masing yang tentu membuat orang-orang penasaran untuk berkunjung. Bagi penyuka hal mistis, bisa sekali untuk datang ke tempat-tempat di atas.

Bagaimana tanggapan kalian ? Berani untuk mencoba? Jangan lupa tinggalkan jejak kalian di bawah ini ya guys !

ARTIKEL TERKAIT
Terus Tumbuh, Inilah 5 Fakta Anak Krakatau yang Mungkin Belum Kalian Ketahui!

Ayo mulai berdiksusi