10 Bandara Terbaik Berdasarkan Pilihan Penumpang di Dunia 2019

in , ,
HIA

Sejak 1999, organisasi riset khusus penerbangan, Skytrax rutin merilis daftar bandara terbaik di dunia yang termaktub dalam ajang World Airport Awards. Penilaiannya berdasarkan pada pengalaman para penumpang mulai dari proses check-in, sistem imigrasi, kebersihan, hingga fasilitas hiburan.

Tahun ini lebih dari 13 juta orang dari 100 kewarganegaraan dilibatkan dalam survei tersebut. Hasilnya, Bandara Internasional Changi Singapura berhasil mempertahankan statusnya sebagai bandara terbaik di dunia, dan sukses mencetak rekor sejarah dengan berada di posisi puncak selama tujuh tahun berturut-turut.

“Bandara Changi terus berinovasi baik dalam bentuk produk maupun layanan untuk penggunanya”, ujar Edward Plaisted, CEO Skytrax. Selain membawa pulang penghargaan bandara terbaik, Changi juga menyabet gelar bandara dengan fitur hiburan terbaik.

Daftar tahun ini tak banyak berubah. Bandara-bandara di Asia masih mendominasi daftar 10 besar. Bandara Internasional Haneda Tokyo dan Bandara Internasional Incheon menduduki peringkat kedua dan ketiga. Mengekor di posisi keempat dan kelima adalah Bandara Internasional Hamad dan Bandara Internasional Hong Kong.

Lalu, di mana posisi Bandara Internasional Soekarno-Hatta? Tahun ini, Soetta berhasil naik lima peringkat dan berada di urutan ke-40. Prestasi yang terbilang cukup baik, karena berada di atas Bandara Internasional Suvarnabhumi dan Bandara Internasional San Francisco.

Berikut 10 Bandara Terbaik di Dunia Berdasarkan Pilihan Penumpang

Bandara Internasional Changi (Singapura)

bandara terbaik 1

Bandara terkemuka di Asia Pasifik ini sukses melayani lebih dari 100 maskapai. Hal tersebut menjadikannya sebagai bandara tersibuk keenam di seluruh dunia. Dipadukan layanan dan fasilitas terbaik yang dimilikinya, tak heran bandara Changi bisa kembali meraih penghargaan.

Bandara Internasional Haneda Tokyo (Jepang)

bandara terbaik 2

Bandara Heneda  adalah salah satu dari dua bandar udara untuk Tokyo Raya, Jepang.  Bandara ini terletak di Ota, Tokyo, 14 km sebelah selatan Stasiun Tokyo. Nama Bandara Haneda lebih populer dibandingkan Bandar Udara Internasional Tokyo. Haneda menangani hampir semua penerbangan ke dan dari Tokyo, sementara Bandar Udara Internasional Narita menangani sebagian besar penerbangan internasional.

Bandara Internasional Incheon (Korea Selatan)

bandara terbaik 3

Bandara Internasional Incheon adalah bandar udara terbesar di Korea Selatan dan merupakan salah satu yang terbesar di Asia. Bandara ini menggantikan Bandar Udara Internasional Gimpo yang sekarang distatuskan sebagai bandara domestik kecuali penerbangan international ke Bandar Udara Internasional Haneda di Tokyo, Jepang dan Bandar Udara Internasional Honggiao di Shanghai, Tiongkok.

Berdasarkan survei dari Global Traveller bandara ini merupakan yang terbaik di dunia selama 3 tahun berturut-turut dari tahun 2006, 2007 dan 2008. Berperan sebagai bandara penghubung untuk kawasan Asia Timur, terdapat 63 maskapai penerbangan yang melayani penerbangan ke bandara ini.

Bandara Internasional Hamad (Qatar)

bandara terbaik 4

Bandar Udara Internasional Hamad adalah bandar udara internasional yang berada di Doha, ibukota dari Qatar. Bandar udara ini menggantikan Bandar Udara Internasional Doha sebagai bandar udara utama Qatar.

Bandara Internasional Hong Kong (Hong Kong)

Bandara ini terletak di pulau Chek Lap Kok dan sejak dibuka pada tahun 1998, menjadi salah satu pusat transit yang penting di dunia karena posisinya yang strategis. Bandara berkapasitas sebesar 45 juta penumpang dengan 3 juta ton kargo dan setelah landas pacu kedua dibuka pada Mei 1999, kapasitas meningkat menjadi 87 juta penumpang dan 9 juta ton kargo.

Bandara Internasional Chubu Centrair Nagoya (Jepang)

Chubu merupakan bandara lepas pantai ke-3 setelah Bandara Nagasaki dan Bandara Internasioal Kansai di Osaka. Ketika bandara ini dibuka pada Februari 2005, tempat langsung mengambil seluruh penerbangan komersial di Bandara Nagoya. Bandara ini dibuka untuk mengantisipasi Expo 2005 di prefektur Aichi.

Bandara Internasional Munich (Jerman)

Bandar Udara Munchen adalah sebuah bandar udara internasional yang terletak 28,5 km (17,7 mil) timur laut dari Munich, Jerman. Dan merupakan hub untuk Lufthansa dan mitra dari maskapai-maskapai penerbangan Star Alliance. Bandara ini terletak di dekat kota tua Freising dan diberi nama Franz Josef Strauss untuk mengenangnya sebagai Perdana Mentri Bayern.

Bandara Internasional London Heathrow (Inggris)

Bandar Udara Heathrow, atau juga dikenal sebagai London Heathrow  adalah bandara utama yang melayani Kota London, Britania Raya dan merupakan bandara tersibuk di negara tersebut. Di dunia, Heathrow adalah bandara tersibuk ke-5 di dunia, setelah Bandara Internasional Hartsfield-Jackson Atlanta dan O’Hare di Amerika Serikat.

Dan pada 2014 memiliki jumlah penumpang terbanyak di Eropa mengalahkan Bandara Charles de Gaulle dan Bandara Internasional Frankfurt.

Bandara Internasional Narita (Jepang)

Bandar Udara Internasional Narita merupakan nama bandara yang terletak di Narita, Prefektur Chiba, Jepang. Bandara ini merupakan bandara tersibuk kedua di Jepang setelah Bandara Heneda.

Bandara ini melayani wilayah Tokyo Raya dan merupakan pangkalan bagi Japan Airlines, All Nippon Airways, Nippon Cargo Airlines, Jetstar Japan , Peach dan Vanilla Air. Ada tiga terminal di bandara ini, Terminal 1 bagi maskapai anggota SkyTeam dan Star Alliance, Terminal 2 bagi anggota oneworld, dan Terminal 3 bag maskapai berbiaya rendah.

Bandara Internasional Zurich (Swiss)

Swiss International Airlines, atau biasa disingkat Swiss adalah maskapai penerbangan utama Swiss yang berpusat di Bandara Internasional Zurich.


Itulah 10 bandara terbaik di dunia 2019. Mudah-mudahan di tahun-tahun selanjutnya ada bandara asal Indonesia yang termasuk bandara terbaik di dunia.

ARTIKEL TERKAIT
Kisah Kapten Lukas, Pahlawan Tak Dikenal Indonesia yang Bikin Belanda Mati Berdiri!

Ayo mulai berdiksusi