Ternyata Warisan Belanda, Inilah Alasan Kenapa Hari Minggu Selalu Jadi Tanggal Merah!

Ternyata Warisan Belanda, Inilah Alasan Kenapa Hari Minggu Selalu Jadi Tanggal Merah! Dafunda Gokil

Dafunda Gokil – Kalian pasti tahu, dalam satu minggu itu terdapat 7 hari. Nah, dalam 7 hari tersebut, ada salah satu hari yang setiap minggunya pasti libur. Ataupun semua orang diwajibkan tidak bekerja ataupun lainnya. Tetapi, apakah kalian tahu penyebab kenapa hari minggu itu menjadi tanggal merah? Nah berbicara mengenai hal itu, mari kita bahas sejarahnya di bawah ini.

Tapi tiap negara emang punya hari libur tersendiri. Sebut saja Arab Saudi yang memilih hari Jumat sebagai hari libur karena dianggap hari baik untuk umat muslim beribadah, atau bangsa Yahudi di Israel yang memilih hari Minggu karena hari yang suci dan jadi hari ibadah bagi mereka.

Warisan Belanda, Inilah Alasan Kenapa Hari Minggu Selalu Jadi Tanggal Merah! Belanda

Jadi, dulunya bangsa Romawi Kuno yang memiliki kekuasaan dan berpusat di Italia rupanya banyak menguasai negara di Eropa, dan saat itu mereka terbiasa menggunakan hari Minggu untuk melakukan ibadah mereka. Jadi, segala aktivitas akan dihentikan dan dijadikan hari libur sekaligus untuk beribadah.

Selanjutnya, negara-negara yang dulunya adalah bekas jajahan Romawi Kuno yang sudah terbiasa menggunakan hari Minggu untuk beribadah, juga juga mengikuti tradisi ini. Salah satunya adalah Belanda yang menjajah Indonesia selama 350 tahun.

Warisan Belanda, Inilah Alasan Kenapa Hari Minggu Selalu Jadi Tanggal Merah! Tanggal Merah

Akhirnya mereka juga menerapkan hal yang sama di Indonesia dan menetapkannya sebagai hari libur hingga sekarang ini. Nah, ternyata asal usul hari Minggu sebagai hari libur di Indonesia itu merupakan warisan Belanda. Lalu bagaimana jadinya jika Indonesia tidak dijajah oleh Belanda? Bisa jadi tanggal merahnya hari Jumat ya.

ARTIKEL TERKAIT
Selalu Dibawa Kemana Mana, Ada Rahasia Besar apa yang ada di Dalam Toilet Pribadi Kim Jong Un?

Ayo mulai berdiksusi