Israel Seharusnya Ikut Asian Games 2018, Lantas Kenapa Tidak Ada?

in ,
Mengapa Israel Tidak Ada Di Asian Games, Penyebab Israel Tidak Ada Di Asian Games 2018 Dafunda Gokil

Dafunda Gokil – Tahukah kamu? ada hal yang cukup menarik dari penyelenggaraan Asian Games 2018 yang sudah usai beberapa waktu lalu, bukan tentang Keren atau buruknya Opening dan apa yang terjadi saat semua Atlet berlaga! tapi tentang negara Israel yang tidak mengirim 1 Atlet-pun mewakili negara mereka.

Nah mungkin masih banyak yang belum tahu kalau Israel pernah ikut Asian Games karena masih termasuk kawasan Asia. Hal tersebut bisa dibuktikan jika dilihat dari letak Geografis, Israel masih masuk di kawasan Asia.

Lantas, Mengapa Israel Tak Ikut di Asian Games 2018?

Mengapa Israel Tidak Ada Di Asian Games, Penyebab Israel Tidak Ada Di Asian Games 2018 Dafunda Gokil

Negara dari Asia Timur seperti Palestina dan Suriah ikut dalam ajang Kompetisi berbagai cabang Olahraga Asia tersebut. Ada Fakta menarik dari alasan mengapa Israel tak ikut Asian Games 2018, ternyata! Indonesia adalah negara pertama yang tidak mengizinkan Israel di Asian Games dari semua rekam jejak Sejarah.

Indonesia sudah sejak lama menolak Israel ikut Asian Games, sejak kapan? pada tahun 1962, pada saat itu presiden RI adalah yang pertama yaitu Soekarno. Sejak dari kepemimpinan Soekarno, ia menolak Israel untuk ikut berpartisipasi pada ajang Asian Games IV yang diselenggarakan di Jakarta karena kedekatan Indonesia dengan Palestina, dan aksi pemboikotan ini menjadi bentuk Solidaritas Indonesia terhadap Palestina.

Indonesia Sudah Sejak Dulu Menjadi Sahabat Palestina

Sejak jaman Presiden pertama RI tersebut juga Indonesia sudah menjadi salah satu sahabat Palestina. Pada saat itu Indonesia sedang tengah gencar dukungan Moral terhadap Palestina, nah dari situlah menjadi awal mula Israel untuk diasingkan dari pentas Asian Games.

Setelah penyelenggaraan Asian Games pada masa Soekarno, berikutnya Asian Games diadakan di Bangkok, Thailand. Asian Games di Thailand itu tahun 1966 dan 1970, di tahun itu! Israel ikut dan diperbolehkan oleh negara tersebut, begitupun pada Periode sebelum Indonesia menjadi tuan rumah jaman Soekarno kala itu.

Hal Menarik di Asian Games Tahun 1974

Pada Kompetisi di Periode berikutnya, Israel juga seperti diasingkan di Asian Games. Pada tahun itu, Asian Games yang menjadi tuan rumah adalah Teheran.

Disana Israel ikut dan mendapatkan izin penuh, tetapi hal menarik terjadi saat semua Atlet mereka berlaga di berbagai Cabor, semua Atlet-atlet dari negara Arab menolak untuk bertanding dengan atlet dari Israel, atas dasar Solidaritas.

Berawal dari pemboikotan tersebut, akhirnya berlanjut dengan pengucilan Israel oleh negara-negara Arab lain memicu reaksi besar. Pemboikotan susulan datang namun bukan dari tuan rumah Thailand, melainkan oleh Asian Games Federation (AFG), mereka adalah organisasi resmi dari Asian Games, bisa dikatakan mereka adalah Panitia resmi. Akan terjadinya hal tersebut, Presiden Komite Olimpiade Israel pada masa itu Joseph Inbar sangat marah besar kepada AFG.

Israel Dikucilkan Setelah 7 Negara Asia Ikut Memboikot

AFG yang melakukan pemboikotan terhadap Atlet yang mewakili Israel berdasarkan keputusan dari pertimbangan dari 7 Dewan negara yang masing-masing adalah 7 negara Arab dan China.

Dari keputusan pertimbangan mereka, Israel diputuskan untuk didepak. Tentu saja setelah tersebar luasnya berita itu, seluruh dunia Internasional menjadi Heboh dengan berbagai Pro dan Kontra dari setiap orang. Salah satu Media Koran dari Rusia membuat berita yang menambah luas tentang pemberitaan itu.

Pada Periode Asian Games berikutnya yaitu tahun 1982, AFG benar-benar tak memasukan Israel di daftar. Pada Periode itu India-lah yang menjadi tuan rumah. Keputusan tersebut juga diperkuat oleh IAAF (Federasi Atletic Amatir International).

Israel Akhirnya Tidak Bisa Ikut Asian Games Hingga Periode 2018

Keputusan tersebut dihasilkan dari Kongres pada tahun 1983, dimana hasilnya adalah Voting Kongres menghasilkan 374-10 untuk keputusan mendukung pelarangan Israel tampil di Asian Games 1982.

Akibat boikot besar-besaran itu kini Isarael kesulitan untuk masuk ke pentas Asian Games, bahkan ditolak dalam beberapa ajang seperti Mediterranean Games (1951) dan Arab Games (1974).

Dan bahkan nyaris tak terdengar untuk bisa masuk di Asian Games 2018 yang sudah berakhir beberapa waktu lalu. Saya sendiri Pribadi, setuju dengan tindakan dan yang terjadi atas pengasingan ini (Israel Dikucilkan dari Asian Games), alasannya? mari kita berdiskusi lewat kolom komentar.

ARTIKEL TERKAIT
10 Foto Bencong Thailand Dulu dan Sekarang ini Bikin Geleng-geleng Kepala, Soalnya Udah Kayak Cewek Asli!

Ayo mulai berdiksusi